Peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi yang semuanya tidak sampai ke bulan di namakan dengan gerhana bulan. Salah satu akibat peristiwa yang merupakan dinamisnya suatu pergerakan pada posisi matahari, posisi bumi dan fase purnama terjadi pada saat bulan ini saja serta sebelumnya sudah dapat di prediksi. Adapun gerhana matahari merupakan sebuah peristiwa bulan menghalangi cahaya matahari sehingga tidak semuanya sampai ke bumi serta pada saat fase bulan baru selalu terjadi.

Di predikasi pada tahun 2014 ini akan terjadi 4 kali gerhana yakni :

  1. Pada tanggal 15 april 2014 di prediksi akan terjadi gerhana bulan Gerhana tersebut dapat di cermati dari berbagai wilayah di Indonesia kecuali sumatera, Kalimantan bagian barat, dan jawa bagian barat. Gerhana tersebut juga bisa di cermati dari Filipina, asia timur, samudra pasifik, amerika, samudra atlantik, eropa bagian barat dan afrika bagian barat.
  2. Pada tanggal 29 april 2014 di prediksi akan terjadi gerhana matahari cincin. Gerhana ini bisa di cermati dari berbagai wilayah seperti nusa tenggara, bali, jawa timur bagian selatan dan Yogyakarta berupa sebagian gerhana matahari. Selain dari Negara Indonesia, gerhana tersebut juga dapat di cermati dari antartika, samudra hindia bagian selatan dan Australia.
  3. Pada tanggal 8 oktober 2014 di prediksi akan terjadi gerhana seperti yang terdapat pada nomor 1 yakni bulan yang bersifat total. Gerhana tersebut dapat di cermati dari wilayah Negara Indonesia. Selain itu gerhana tersebut juga dapat di cermati dari Australia, samudra pasifik, amerika dan asia kecuali asia wilayah barat.
  4. Pada tanggal 23 oktober 2014 di prediksi akan terjadi gerhana matahari sebagian. Gerhana tersebut tidak dapat di lihat dari wilayah Negara Indonesia dan dapat di lihat di samudera pasifik bagian uatara serta amerika utara.

Kategori: Berita